Jumat, 14 Oktober 2011

SEJARAH SINGKAT BALAI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN


SEJARAH SINGKAT BALAI PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN
MASYARAKAT (BPPM) PT. ARARA ABADI
SINAR MAS FORESTRY

Balai pelatihan dan pengembangan masyarakat (Centre of training and development for community) merupakan unit kerja di PT.Arara Abadi (Sinar Mas Forestry) yang berfungsi sebagai Balai pelatihan bagi masyarakat sebagai sarana pendukung bagi keberhasilan program Community development. Balai pelatihan dan pengembangan masyarakat ini mulai dibangun pada tahun 2005 yang menempati Areal seluas 20 ha didalam konsesi PT.Arara Abadi distrik resaw kuning dan terletak didesa Pinang Sebatang Barat, kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Balai pelatihan dirancang dengan sarana gedung pelatihan dan sarana pendukung berupa aneka tanaman hortikultura, Aneka tanaman kehutanan, tanaman obat, serta koleksi tanaman langka baik lokal Riau atau tanaman langka  Nasional, yang berfungsi sebagai kebun induk, demplot dan sarana praktek bagi peserta pelatihan, selain didukung oleh staf perusahaan PT.Arara Abadi balai pelatihan ini juga didukung oleh sumber daya manusia yang berkompeten dibidangnya yang berasal dari akademisi,instansi pemerintah, peneliti dan praktisi yang ditempuh melalui kerja sama secara kelembagaan maupun kerja sama personal. Balai pelatihan ini dirancang untuk mampu mendukung kegiatan community Development lingkup Sinar Mas Forestry Riau, melalui pelayanan kegiatan pelatihan masyarakat, sebagai pelatihan siswa magang  baik dari SLTA maupun tingkat perguruan tinggi, sebagai tempat Agrowisata (pengenalan tanaman) mulai dari TK sampai dengan perguruan tinggi  khususnya propinsi Riau, sebagai produksi buah unggul yang berkualitas serta sebagai tempat konsultasi aneka tanaman adan aneka usaha masyarakat sebagai pengawal program community development dilingkungan Sinar Mas forestry Riau, yang dibangun melalui pendanaan dari anggaran program CD PT.ARARA ABADI.

PELATIHAN MASYARAKAT
Berbagai jenis pelatihan untuk mempersiapkan SDM yang siap untuk menjalankan kegiatan berbagai usaha produktif terutama dibidang pertanian, aneka UKM, hutan rakyat, serta hasil hutan non kayu. Jenis pelatihan isesuaikan dengan program yang sedang dijalankan dengan mempertimbangkan potensi wilayah dan trend uasah yang sedang berkembang.

BANTUAN BIBIT BUAH UNGGUL KE MASYARAKAT
Untuk membantu mensukseskan program pemerintah (Riau Berbuah) maka BPPM juga ambil peran dalam rangka peran dalam rangka bantuan bibit unggul kepada masyarakat khususnya desa-desa yang berdekatan dengan konsesi PT.Arara Abadi (Sinar Mas Forestry) adapun bibit yang telah dibantukan masyarakat anatara lain : jambu air, jambu biji Getas, jambu biji bangkok, durian, buah Naga, mangga dll. Dengan pola bantuan yaitu one village one product yaitu satu kawasan atau satu hamparan satu jenis buah tujuannnya untuk mempermudah monitoring serta apabila sudah menghasilkan lebih mudah pemasarannya, disamping memberikan bibit unggul Bppm juga melakukan pendampingan serta membantu saprodi selam satu tahun.

PRODUKSI BIBIT UNGGUL
Untuk mendukung keberhasilan program CD dibidang pertanian dan perkebunan, Balai pelatihan  dan pengembangan masyarakat mempelajari berbagai janis Bibit unggul, antara lain jambu air, jambu biji, durian, buah naga, jeruk dll. Upaya menyediakan bibit unggul mempunyai peran strategis karena hasil tanaman sangat tergantung kepada kualitas bibit yang digunakan karena selam ini masyarakat masih sangat kesulitan dalam memperoleh bibit baik dengan alasan biaya maupun ketersediaan akan bibit unggul.

MENANAM SIKAP CINTA LINGKUNGAN
Dalam pelatihan masyarakat juga disampaikan materi –materi untuk menanamkan sikap untuk cinta lingkungan, selain itu dibalai peltaihan dan pengembangan masayarakat sebagai fasilitas sarana belajar mulai dari tingkat pemula (Tk) hingga mahasiswa sebagai generasi bangsa untuk mengenal pertanian perkebunan serta kehutanan dan mencintai untuk menanam pohon.

TANAMAN BUAH YANG SUDAH MENGHASILKAN DI BPPM
Tanaman buah yang sudah menghasilkan di BPPM antara lain : jambu air, citra, king ruse,semarang, cincalo merah, cincalo hijau. Belilbing dewa,dewi,demak. Jambu biji bangkok, getas. Buah naga, nangka mini, jeruk manis dll. Untuk memberikan contohkepada masyarakat BPPM juga memasarkan hasil produksi unggulnya ke mall Pekanbaru antara lain, Hypermart dan makro dan hingga saat ini permintaan pasar akan buah segar masih sangat tinggi.

VISI DAN MISI BPPM
VISI
Menjadipusat pelatihan dan penelitian bagi masyarakat, instansi pemerintah, Lsm, swasta dan para siswa mulai TK hingga perguruan tinggi khususnya di Riau.
MISI
-        Menjadi klinik pertanian khususnya tanaman hortikultura
-        Menjadi sentra bibit unggul tanaman kehidupan
-        Mensukseskan program Riau berbuah
-        Membantu menciptakan lapangan kerja khususnya di bidang pertanian
-        Ingin menjadikan Riau menjadi sentra buah yang berkualitas
-        Bersama masyarakat membangun negeri.

1 komentar:

  1. saya Arum Anjarsari,mahasiswa jurusan Biologi ITB...saya sangat ingin bisa kerja praktek di PT.Arara Abadi,terutama di bidang yang berkaitan dengan bioteknologi tumbuhan...bagaimana ya cara supaya saya bisa kerja praktek disini?? terima kasih..:)

    BalasHapus

Pengikut